Banyuwangi Ethno Carnival ‘The Mystic Dance of Seblang Banyuwangi’

Banyuwangi Ethno Carnival ‘The Mystic Dance of Seblang Banyuwangi’

Pagelaran Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 4 bertema ‘The Mystic Dance of Seblang Banyuwangi’, berlangsung meriah. Menpar Arief Yahya kagum dan berkomitmen akan menjadikan event ini sebagai agenda nasional.

Dalam karnaval menghebohkan yang digelar Sabtu (22/11/2014) sore kemarin itu, ditampilkan 300 penari Gandrung dan peserta karnaval dengan kostum 300 meter. Ada juga penampilan 200 peserta BEC 4 2014. Mereka memamerkan konstum yang dirancang khusus di ajang ini. Kebanyakan mereka mendesain baju sesuai dengan 3 tema yang ditampilkan, antara lain Seblang Olehsari, Seblang Bakungan dan Poro Bungkil.

“Dalam Banyuwangi Festival akan kita ajukan menjadi agenda wisata nasional. Saya mengikuti perkembangan wisata Banyuwangi. Promosi, pengemasan event, dan pilihan pengembangan destinasinya bagus. Maka Kemenpar tidak ragu untuk terus mendorong pengembangannya,” ujar Arief Yahya.

Untuk itu, Arief meminta Pemkab Banyuwangi genjar melakukan promosi wisata dengan menggunakan media, kalau bisa berbahasa Inggris dan China. Kemudian membidik industri ekonomi kreatif, sambil mendaftarkan hak kekayaan intelektual (HAKI).

Banyuwangi sendiri setiap tahun menggelar ajang wisata Banyuwangi Festival sejak 2012. Sejumlah event akbar yang digelar antara lain International Surfing Competition, Banyuwangi Ethno Carnival, Jazz Pantai Banyuwangi, Festival Gandrung Sewu, dan International Tour de Banyuwangi Ijen.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya memang menjadikan pariwisata event (event tourism) sebagai salah satu sarana pemasaran wisata. “Event tourism berguna untuk memperpanjang siklus destinasi agar semakin panjang waktu tinggal wisatawan. Misalnya, selain berwisata ke Pantai Pulau Merah, wisatawan bisa melihat Banyuwangi Ethno Carnival. Atau setelah ke Teluk Hijau, bisa nonton jazz pantai malam harinya,” ujar Anas.

Anas berterima kasih atas dukungan Kemenpar. Bagi Banyuwangi, dukungan Kemenpar sangat berharga, terutama untuk mempercepat dan memperluas promosi. “Kemenpar punya daya dukung yang lebih besar, tentu kami sangat terbantu jika Kemenpar bisa membantu dan melakukan supervisi atas pengembangan wisata yang dilakukan Banyuwangi,” tuturnya.

‎Selain kedatangan Menteri Pariwisata Arif Yahya yang membuka pagelaran BEC 4, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa juga hadir di event tahunan ini. Selain itu, terlihat juga beberapa artis ibukota, juga hadir dan melihat langsung BEC 4.

Sumber : detik.com