Rumah Masa Kecil Bung Karno “Istana Gebang” di Blitar

Rumah Masa Kecil Bung Karno “Istana Gebang” di Blitar

Kota Blitar memang identik dengan sosok proklamator RI, Soekarno. Selain makam, kota ini juga punya peninggalan lain yang berkaitan dengan beliau, yaitu komplek rumah tua yang ia tempati ketika kecil, Istana Gebang.

Kota Blitar, Jawa Timur merupakan kota tua dan bersejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia. Di Kota ini bersemayam bapak Proklamator kita Ir Soekarno yang juga merupakan presiden pertama RI.

Makamnya setiap hari tiada sepi dari peziarah dari seluruh pulau Jawa. Bahkan ada yang datang dari luar negeri dan tidak ketinggalan peziarah dari luar negeri.

Selain makam, Blitar juga punya peninggalan sejarah lain yang berkaitan dengan Ir Soekarno, yaitu komplek rumah tua yang dulu didiami oleh beliau ketika kecil. Orang banyak mengenal komplek rumah tua itu sebagai Istana Gebang.

Dulu keberadaan Istana Gebang ini tidak begitu menonjol karena masih dikuasai oleh ahli waris atau kerabat Bung Karno. Sehingga masyarakat luas tidak bisa leluasa mengunjungi rumah bersejarah itu. Hanya orang tertentulah yang bisa masuk ke kawasan ini.

Namun semenjak Pemerintah Kota Blitar dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengambil alih dengan membeli dari ahli waris Soekarmini Wardoyo, maka keberadaan Istana Gebang ini bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Rumah bersejarah yang berlokasi di Jalan Sultan Agung Kelurahan Bendo Gerit, Kecamatan Sanan Wetan ini setiap harinya ramai oleh para wisatawan. Mereka yang datang ke tempat ini merupakan rangkaian dengan berziarah ke Makam Bung Karno.

Oleh pengelola, rumah ini terbuka untuk masyarakat mulai pukul 07.00 WIB. Semua lapisan masyarakat dapat masuk ke istana ini dengan melihat berbagai macam barang peninggalan keluarga Bung Karno. Mulai dari perabotan rumah, tempat tidur, kursi dan juga benda-benda kuno lain seperti mesin tik, radio dan telepon.

“Pengunjung yang datang ke tempat ini setiap harinya mencapai 200 – 300 orang. Namun untuk hari-hari khusus biasa mencapai 1.000 pengunjung,” ujar Mbak Purwaningsih salah satu pemandu di Istana Gebang ini.

Selain bangunan yang berarsitektur kuno, para pengunjung bisa berfoto ria di tempat ini dengan berbagai latar yang bagus untuk kenang-kenangan. Beberapa di antara latar yang bisa Anda gunakan adalah di depan istana ada Patung Bung Karno berwarna putih bersih, di dalam rumah ada berbagai gambar Bung karno besar. Selain itu kita juga bisa berfoto di kamar-kamar bersejarah itu.

Ada satu lagi tempat yang menjadi tempat favorit para pengunjung di Istana Gebang ini, yaitu sebuah sumur tua yang airnya cukup bersih dan diyakini mempunyai khasiat. Oleh karena itu pihak pengelola telah menyediakan air itu dalam wadah-wadah plastik kecil. Para pengunjung dapat meminta air ini untuk oleh-oleh yang dirumah.

“Air ini kami sediakan gratis untuk para peziarah yang datang ke tempat ini, tetapi jika ada pengunjung yang memberikan uang sekadarnya bisa dimasukkan dalam kotak itu,” papar penjaga sumur.

Sumber : detik.com