Pekan Batik Pekalongan ke-6

Pekan Batik Pekalongan ke-6

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, selang beberapa hari setelah peringatan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober, Pemerintah Kota Pekalongan mengadakan Pekan Batik Nusantara.

Pekan Batik Nusantara 2014 ini merupakan yang ke-6, dengan mengangkat tema “Kenali, Cintai, Lestarikan dan Budayakan Batik Indonesia”. Acara ini akan berlangsung 8-12 Oktober yang berpusat di Lapangan Jatayu dan sekitarnya dan akan diikuti oleh 25 kota se-Indonesia. Sehingga keikutsertaan 25 perwakilan itu semakin membuat meriahnya acara. Sebelumnya, acara ini telah dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia, Boediono, kemarin.

The 6th Pekalongan Batik Week 2014, adalah judul acara tersebut. Pemerintah kota Pekalongan telah bekerjasama oleh berbagai pihak, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pendikan dan Kebudayaan, dan beberapa Kementerian lainnya.

Dalam acara ini juga melibatkan berbagai penggiat batik mulai dari pengrajin, pengusaha, untuk memeriahkan acara ini. Selain itu, selama acara tersebut diselenggarakan, sekolah-sekolah di Pekalongan mengenakan batik. Bahkan, ada beberapa pelajar yang ikut dalam pameran kostum batik, terutama dari SMK 1 Pekalongan. Sekolah tersebut memiliki kejuruan di bidang tata busana dan kecantikan.

Adapun rangkaian yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:

  1. Pameran Batik Nusantara
  2. Festival Kuliner Indonesia
  3. Welcome Dinner & Fashion Show
  4. Visit Pekalongan Great Sale
  5. Festival Lampion
  6. Gelasr Seni dan Budaya
  7. Pekalongan Batik Karnaval
  8. Kontak Bisnis Batik Nasional
  9. Lomba Desain Motif Seragam Batik
  10. Lomba Stand Terbaik
  11. Teatrikal Batik On The Street

Event tahunan ini dimulai sejak ditetapkannya Batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 2009 lalu. Event ini tentunya diadakan untuk melestarikan, promosi sekaligus untuk memperkenalkan nama batik dikancah pasar dunia. Sehingga, jika Anda ada waktu luang mari berkunjung ke Pekalongan untuk ikut serta memeriahkan Pekan Batik Nusantara 2014.

Sumber : fandinistic.blogspot.com