Masjid Agung Kota Tegal “merupakan masjid terbesar di Tegal, Jawa Tengah”

Masjid Agung Kota Tegal “merupakan masjid terbesar di Tegal, Jawa Tengah”

Sesuai dengan namanya, Masjid Agung Kota Tegal ini merupakan masjid terbesar di Tegal, Jawa Tengah. Lokasi masjid ini tepat berada di alun-alun sebelah barat Kota Tegal, Kelurahan Mangkusuma, Kecamatan Tegal Timur. Karena lokasinya yang berada di pusat kota, masjid ini tidak pernah sepi pengunjung.
Selain itu, gaya arsitekturnya yang luar biasa membuat para wisatawan tidak ragu-ragu untuk datang kesana bila mereka berada di Tegal, entah itu untuk beribadah atau sekedar memanjakan mata mereka dengan keindahan masjid ini dan beristirahat disana.

Sejarah mencatat bahwa Masjid Agung Kota Tegal ini diwakafkan oleh seorang Penghulu I yang juga berprofesi sebagai tokoh agama bernama Kiai Abdul Aziz. Luas tanah wakaf pembuatan masjid ini mencapai 2.864,36 m2. Kabarnya, Masjid Agung Kota Tegal ini dibangun secara bertahap dimulai pada tahun 1803-1809 dan mengalami penyempurnaan serta renovasi dari tahun 1909-1910. Sayangnya, tidak banyak catatan-catatan sejarah lain perihal pembangunan masjid besar ini.

Ornamen-ornamen indah yang terdapat dalam Masjid Agung Kota Tegal ini tidak bisa dilewatkan begitu saja oleh para pengunjung. Keindahan strukturnya pun membuat para pengunjungnya tidak akan kecewa. Maka dari itu, bila Anda bermaksud untuk datang ke Tegal, datanglah ke Masjid Agung Kota Tegal ini, baik itu untuk beribadah atau sekedar beristirahat dan menikmati suasananya. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendatangi Masjid Agung Kota Tegal ini.

Sumber : nusapedia.com