Wisata Religi Ramadan di Makam Syahid Lapan Kab Bireun, Aceh

Wisata Religi Ramadan di Makam Syahid Lapan Kab Bireun, Aceh

Provinsi Aceh yang kental dengan nuansa Islam, memang cocok untuk destinasi wisata religi di Bulan Ramadan. Di Kabupaten Bireun, Aceh ada makam Syahid Lapan, 8 ulama sekaligus pejuang yang melawan penjajah Belanda.

Makam dan musala ini terletak di Desa Tambue, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireun, Aceh. Wisatawan bisa salat di musala Makam Syahid, makam Ulama besar Aceh, sambil mengenang perlawanan Aceh terhadap Belanda pada tahun 1902.

Pada awal tahun 1902, para syuhada ini menyerang pasukan patroli serdadu Marsose Belanda hingga menewaskan sepasukan yang berjumlah 24 orang. Dikala para syuhada sedang mengumpulkan senjata serdadu yang menjadi korban, tiba – tiba diserang oleh pasukan bantuan lainnya dari jurusan Jeunib, hingga kedelapan syuhada syahid sebagai bunga – bunga di tempat ini.

8 Ulama pejuang itu adalah Teungku Pahlawan Prang Rayeuk Djurong Binjei, Teungku Muda Lem Mamplam, Teungku Nyak Bale Ishak Blang Mane, Teungku Meureudue Tambeu, Teungku Bale Tambeu, Tgk Apa Sjech Laot Jok Mamplam, Teungku Muhammad Sabi Blang Mane dan Teungku Nyak Ben Matang Salem Blang Teumuleh.

Sumber: Detik.com