Selama Lebaran, Kesenian Tradisional Digelar di Borobudur

Selama Lebaran, Kesenian Tradisional Digelar di Borobudur

Taman Wisata Candi Borobudur akan mementaskan kesenian tradisional di pelataran Candi Buddha tersebut untuk menghibur pengunjung selama libur Lebaran 2014.

“Pada libur Lebaran kali ini ada hiburan keroncong dan kesenian tradisional yang akan pentas setiap hari untuk menghibur pengunjung,” kata Wakil Kepala Operasional I Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Malyanto, di Magelang, Senin (21/7/2014).

Ia mengatakan hal itu usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2014 tingkat Kabupaten Magelang.

“Dalam pementasan kesenian tradisional itu kami bekerja sama dengan Asosiasi Kesenian Rakyat Borobudur dan Warung Info Jagad Cleguk,” katanya.

Menurut Aryono, puncak kunjungan pada Lebaran tahun ini diperkirakan terjadi pada H+3 dan diharapkan jumlah kunjungan mencapai 52.000 orang pada hari itu.

Ia menuturkan, target pengunjung selama libur Lebaran, yakni 26 Juli-10 Agustus 2014 bisa mencapai 315.000 pengunjung. “Jumlah pengunjung pada libur Lebaran tahun lalu sebanyak 285.000 orang dan tahun ini ditargetkan bisa naik sekitar tujuh persen,” katanya.

Tokoh seniman dari Warung Info Jagad Cleguk, Sucoro, mengatakan, selama libur Lebaran pihaknya akan mementaskan sejumlah kesenian tradisional, antara lain soreng, kuda lumping, warakan anak, jatilan, dan campur.

Sumber: kompas.com