Tahu Tepo, Kulinernya Khas Ngawi

Tahu Tepo, Kulinernya Khas Ngawi

Sebelumnya, tidak banyak yang tahu tentang makanan khas yang satu ini. Ada yang menyebut tepo tahu, tahu tepo, tahu telor, tepo telor, so many. Pertama kali mencicipi makanan ini saat saya kira-kira kelas 2 atau 3 SD, disaat saya mulai mengenal citarasa khas dan pedas sebuah makanan.

Pengen tahu seperti apa sih Tahu Tepo ini. Saya sendiri bingung, karena saya sendiri mau mendeskripsikannya sangat sulit.. Kenapa begitu? Cos, rasa dari setiap tahu tepo itu berbeda dan tergantung selera. Sedikit saja reviewnya, saya coba ambil dari situs http://www.madiun-raya.com/2012/07/tahu-tepo-ngawi.html situs pemerintah kota Madiun yang sangat mengapresiasi kuliner daerah sekitarnya.

Menu makan malam yang selalu ada pada kunjungan ke Ngawi adalah Tahu Tepo. Tahu Tepo itu artinya Tahu Lontong, tahu dengan lontong. Banyak versi makanan seperti ini karena tahu kayaknya emang cocok dimakan dengan lontong ya, misal seperti tahu tek, tahu gunting, kupat tahu. Tapi Tahu Tepo Ngawi punya cita rasa dan ciri tersendiri cenderung berkuah, seperti kupat tahu yang di Jogja. Jadi kalau pas nyendok sama kuahnya ya enak banget, baru terasa enaknya.

Bedanya lagi yang tampak jelas dibandingkan versi yang lainnya terletak di kacang gorengnya yang tidak dihaluskan dengan bumbu yang lain, tapi ditaburkan utuh di atasnya. Terus kalau di kupat tahu biasanya ada potongan gorengan bakwan, plus irisan daun jeruk purut; sementara tahu tepo ada kecambah sperti tahu tek, tapi kecambahnya dicampur dengan irisan daun seledri yg memberi aroma khas.

Sumber: kikiyassin.wordpress.com