Surabaya Raih Socrates Award 2014

Surabaya Raih Socrates Award 2014

Kota Surabaya kembali mencuri perhatian dunia international. Setelah berbagai penghargaan diterima di tingkat nasional maupun international, kali ini kembali mendapatan penghargaan dunia international. Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya, membawa pulang penghargaan Socrates Award 2014 dari Europe Business Assembly (EBA). Penghargaan yang dibawa pulang pun prestisius, karena Surabaya meraih Socrates Award untuk kategori City of the Future – Innovations (Kota Masa Depan – Inovasi). Surabaya sendiri menjadi kota pertama di dunia yang meraih penghargaan tersebut.

Socrates Award merupakan bagian dari acara bergengsi London Summit of Leaders, yang berlangsung dari 15-17 April 2014 lalu.

“Ini keberhasilan dari partisipasi warga Surabaya, meskipun kondisi keuangan kami sangat minim, tetapi masyarakat bisa membuat kota ini menjadi nyaman,” jelas Rismaharani dikutip dari www.bbc.co.uk.

Keputusan penyerahan penghargaan itu didasarkan pada beberapa kriteria penilaian diantaranya reputasi profesional, reputasi publik dan reputasi ekonomi. Penilaian reputasi profesional dilihat dari efektivitas pelaksanaan program pemerintah dalam menetapkan tujuan dan tanggung jawab terhadap keputusan yang dibuat, pengalaman kerja, up-to-date penerapan teknologi, komitmen bagi pengembangan profesional, dan kepatuhan terhadap etika profesi.

Untuk indikator reputasi publik dinilai dari partisipasi dalam pelaksanaan proyek sosial, prestasi yang unik, kegiatan transparansitingkat kembunculan di media massa, umpan balik positif/negatif yang wajar, bekerja sama dengan organisasi internasional serta manfaat kepada masyarakat dan negara.

Sedangkan untuk reputasi ekonomi meliputi potensi daerah, biaya hidup, sumber daya manusia, kualitas hidup, infrastruktur dan warisan budaya serta ditambah bisnis yang ramah.

EBA setiap tahunnya selalu menyelenggarakan London Summit of Leaders yang merupakan ajang pertemuan para pengusaha jasa konstruksi, produsen bahan bangunan, perusahaan arsitektur, lembaga penelitian, arsitek, desainer serta investor lebih dari 30 negara di empat benua, Asia, Eropa, Amerika dan Afrika. Dan disela-sela pertemuan tersebutlah penyerahaan penghargaan Socrates Award diberikan kepada pemenang. Socrates Award itu sendiri merupakan piala berwarna emas yang bentuknya mirip dengan Piala Oscar, piala penghargaan yang diberikan untuk insan dunia film.

Dengan meraih penghargaan Socrates Award tersebut, maka Surabaya yang juga merupakan salah satu anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) saat ini sudah dapat disejajarkan dengan kota-kota besar lainnya di dunia. (Sumber: kompasiana.com dan bbc.co.uk)