Trophy Menteri PU untuk Desain Karya Arsitektur Bambu Terbaik

Trophy Menteri PU untuk Desain Karya Arsitektur Bambu Terbaik

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto menyiapkan trophy khusus sebagai penghargaan bagi karya arsitektur bambu dengan desain terbaik dalam rangka Lombok International Bamboo Architecture Festival yang diselenggarakan di kawasan pariwisata Pantai Senggigi, Lombok, Desember 2013 nanti.

Dalam festival ini, akan ditampilkan 50 instalasi karya arsitektur dengan menggunakan bambu sebagai material utama. Karya-karya tersebut adalah karya yang dipilih melalui proses kuratorial oleh tim kurator yang terdiri dari: Budi Pradono, IAI, Jay Subiakto, Asmudjo Jono Irianto dan Christoph Tonges.

Selain trophy menteri, tim/arsitek dengan karya terbaik juga akan mendapatkan penghargaan berupa uang senilai 50 juta Rupiah.

Kesediaan ini disampaikan Menteri PU pada saat menerima Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Munichi B. Edrees dan Ketua IAI Nusa Tenggara Barat, Rahman Wibisono di ruang kerjanya di Jakarta (25/09).

Selain itu, Menteri PU juga menyampaikan kesediaannya menjadi pembicara kunci dalam seminar dengan tema: “Re-Design the World with Bamboo”.

Pembicara lain dalam seminar ini adalah Zaini Arony, Bupati Lombok Barat, Prof. DR. Elizabeth A Wijaya (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia – LIPI), Budi Pradono, IAI (Arsitek Profesional, Kurator), dan Pathurahman, ST, MT (Dekan Fakultas Teknik, Universitas Mataram)

Kementerian Pekerjaan Umum juga akan berperan serta aktif dalam festival dengan akan mengirimkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbang Permukiman) sebagai peserta festival, untuk berbagi hasil-hasil penelitian kepada masyarakat.
Trophy-Menteri-PU-1Trophy-Menteri-PU-2

Photo caption:
Didampingi oleh M. Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal Penataan Ruang, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menerima
Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Munichi B. Edrees, Ketua IAI
Nusa Tenggara Barat Rahman Wibisono, Ketua IAI Urusan Dalam Negeri, Penghargaan & Sayembara, Sistim Informasi Arsitektur, Bambang Barata, Sekjen IAI Satrio S. Herlambang, dan Perwakilan Architects+ Dian Putra (25/09) http://www.indo-architectsplus.com