Rakernas JKPI ke-III di Blitar ditutup Pelepasan Lampion Pada Haul Bung Karno

Rakernas JKPI ke-III di Blitar ditutup Pelepasan Lampion  Pada Haul Bung Karno

Penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-III Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Blitar telah usai. Acara ditutup dengan pelepasan 112 lampion ke udara bertepatan dengan Haul Bung Karno yang ke 112. Tidak hanya itu, di akhir penyelenggaraan Rakernas, peserta dari beberapa perwakilan kabupaten/kota yang tergabung dalam organisasi ini juga melakukan Deklarasi Bumi Bung Karno.

Penyelenggaraan Rakernas yang berlangsung sejak tanggal 18 s/d 20 Juni lalu itu terlihat meriah. Diawali dengan city tour, peserta yang juga dihadiri oleh 15 kepala daerah itu diajak berkunjung ke beberapa tempat peninggalan bersejarah yang ada di kota kelahiran Sang Proklamator itu, diantaranya Perpustakaan Bung Karno, Makam Bung Karno, tugu Supriadi, hingga Candi Panataran.

Sebelumnya, kepala daerah yang hadir juga disuguhi dengan penanaman pohon di Kebon Rejo yang di dampingi langsung oleh Walikota Blitar. Penanaman pohon ini menyimbolkan rasa kebersamaan serta kepedulian penghijauan antar anggota JKPI.

Penyelenggaraan Rakernas ke-III  juga diwarnai  dengan penyelenggaraan pameran pusaka serta penampilan seni yang dipusatkan di alun alun Kota Blitar. Sedikitnya, belasan perwakilan dari daerah anggota JKPI memperlihatkan kebolehan seni yang menjadi unggulan masing-masing daerah.

Meski pada saat penyelenggaraan pentas seni sempat diguyur hujan, namun  tidak menyurutkan peserta untuk meninggalkan lapangan pertunjukan. Pertunjukan pun berlangsung sampai akhir acara.

 

Rakernas

Sebelum dilaksanakan Rakernas, peserta juga mengikuti seminar tentang Pusaka. Hadir sebagai pembicara utama dalam seminar ini, Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Untoro. Sedangkan dari pembicara lain adalah Direktur EVP Keuangan dan Pengembangan Aero Wisata, Aerowisata, Dody Virgianto, Kasubdit Pengendalian, Direktorat Perkotaan Ditjen Penataan Ruang Kementerian PU, Andy Renalt, ST,MT dan Budayawan dari Keraton Surakarta, Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si. Sedangkan untuk moderator, dikendalikan oleh Taufik Rahzen.

Sementara untuk acara Rakernas sendiri dipimpin langsung oleh Ketua Presedium JKPI, Walikota Ternate yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Ternate, Arifin dan didamping oleh Direktur Eksekutif, Asfarinal.  Rakenas diawali dengan pembacaan laporan keuangan dan kegiatan sekretariat JKPI.

Acara Rakernas dihadiri oleh 29 perwakilan anggota JKPI yang berjumlah 49 kabupaten/kota. Sedangkan kepala daerah yang hadir berjumlah 15 kepala daerah. ( Adrial )