Parade Bunga Budaya dan Pawai Bunga Warnai Hari Jadi Kota Surabaya ke-720

Parade Bunga Budaya dan Pawai Bunga Warnai Hari Jadi Kota Surabaya ke-720

Bulan Mei ini menjadi bulan agenda pariwisata terpadat di tahun 2013 bagi Kota Suarabaya. Pasalnya pada bulan ini, Pemerintah Kota Surabaya memeriahkan hari jadi kotanya yang ke-720. Berbagai agenda/kegiatan pariwisata digelar sebagai wujud suka cita warga kota.

Salah satu agenda yang menjadi puncak peringatan adalah  Parade Budaya dan Pawai Bunga 2013. Parade ini dimulai dari garis start di Tugu Pahlawan dan finish di Taman Surya.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Nanis Chairani menjelaskan, para peserta parade akan menempuh jarak sejauh 3,3 kilometer dengan rute Jl. Pahlawan – Jl. Kramat Gantung – Jl. Gemblongan – Jl. Tunjungan – Jl. Gubernur Suryo – Jl. Yos Sudarso – Jl. Jaksa Agung Suprapto – dan berakhir di Taman Surya.

Sedikitnya 35 mobil hias dan puluhan tampilan budaya turut menyemarakkan Parade Budaya Dan Pawai Bunga. Pemkot Surabaya juga  menyediakan tampilan musik dan atraksi di sejumlah perempatan dan titik-titik tertentu dari rute yang akan dilalui.

Demi keamanan selama berlangsungnya parade, total sebanyak 1.152 personil pengamanan akan disiagakan di sejumlah titik. Personil yang dilibatkan meliputi unsur Polri, Satpol PP, Linmas, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan PMI.

Parade-Budaya-Dan-Pawai-Bunga-Kota-Surabaya

Nanis menambahkan, Parade Budaya dan Pawai Bunga merupakan acara seluruh warga Surabaya. Oleh karenanya, masyarakat yang ingin menyaksikan silahkan datang langsung ke lokasi. Ia berharap, parade ini bisa menjadi ikon dan jujugan wisata di Kota Pahlawan

Rangkaian kegiatan tersebut nampaknya memberi andil cukup besar terhadap melonjaknya kunjungan wisatawan ke Surabaya. Menurutnya, selama lima tahun terakhir, angka kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik selalu meningkat.(Adrial – Berbagai Sumber)