Kota Sawahlunto Terima Penghargaan Tahun Kunjungan Wisata 2012

Kota Sawahlunto Terima Penghargaan Tahun Kunjungan Wisata 2012

Menjelang akhir tahun, Kota Sawahlunto kembali mentorehkan prestasinya bidang pariwisata. Setelah memenangkan penghargaan untuk kategori The Best Performance tingkat kota pada Travel Club Tourism Award 2012, Pemerintah Kota Sawahlunto tidak berpuas diri.  Pada acara Penganugerahan Tahun Kunjungan Wisata 2012, Kota Sawahlunto kembali ditasbihkan penghargaan sebagai pemerintah daerah yang terus berupaya memaksimalkan potensi wisatanya. Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini memotivasi Pemkot Sawahlunto.

“Tentu, kita terus kembangkan dan cari atraksi baru. Saat ini, yang baru di Sawahlunto selain wisata tambang adalah wisata rekreasi yang ada di Dreamland. Ada sekitar 12 wahana untuk anak-anak,” kata Amran Nur, Wali Kota Sawahlunto.XQKwYWMVrV

Tidak hanya itu, kebun binatang yang bernama Taman Satwa Kandi juga teleh berkontribusi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yang signifikan ke Kota Sawahlunto.

Amran mengungkapkan, kebun binatang tersebut baru didirikan sekira lima tahun silam. Setiap tahunnya, Pemerintah Sawahlunto menambah jenis maupun jumlah hewan penghuni kebun binatang tersebut. “Untuk target selanjutnya, kami berharap akan ada wisatawan Nusantara yang jumlahnya mencapai 700.000 orang lebih. Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara jumlahnya masih sangat sedikit namun terus ada peningkatan,” tandas Amran.

Dalam membangun sebuah daerah, pemerintah tentu akan menemukan tantangan tersendiri. Amran mengakui tantangan terberat saat mulai mengubah Kota Tambang ini menjadi Kota Wisata pada 2003 silam.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar pada acara penganugerahan  Penghargaan Tahun Kunjungan Wisata 2012 mengatakan perlu adanya dukungan pihak lain untuk mencapai target kunjungan 9 juta wisatawan mancanegara tahun 2013.

“Kita memerlukan dukungan berbagai pihak untuk mencapai target kunjungan 9 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2013,” kata Sapta Nirwandar, di Grand Sahid Hotel Jakarta, Jumat (28/12/2012) lalu.

Pada kesempatan itu, Kemenparekraf memberikan penghargaan berupa Anugerah Tahun Kunjungan Wisata 2012 kepada PT Panorama Tour and Travel (Biro Perjalanan), Shangri La Hotel (Perhotelan), dan PT Garuda Indonesia (Penerbangan).

Penghargaan serupa dianugerahkan kepada pelaku ekonomi kreatif Kasim Ghazali dan Dwiki Darmawan, Pemkot Sawahlunto (Pemda), serta penghargaan lifetime achievement yang diberikan kepada Joop Ave, mantan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi.

“Penghargaan ini dipersembahkan kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang telah memberikan kontribusi besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” katanya. (Adrial – dari berbagai sumber)