Wakil Menteri Parekraf Buka Sawahlunto Kreatif

Wakil Menteri Parekraf Buka Sawahlunto Kreatif

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf)  Dr. Sapta Nirwandar secara resmi membuka acara Sawahlunto Kreatif yang berlangsung di Theater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat Rabu (31/10) malam. Dalam sambutannya, Sapta Nirwandar menjelaskan Sawahlunto memilki alam dan hasil budaya yang indah. Hal ini dapat meningkatkan perekonomian rakyat sekitarnya. Karena itu pihaknya akan mendukung setiap upaya Kota Sawahlunto dalam rangka mengembangkan kota menjadi kota pariwisata. “Pariwisata telah membalik keadaan Sawahlunto yang dulu ditinggal masyarakat, sekarang mereka kembali lagi,” ujar Sapta.

Sementara Walikota Sawahlunto, Ir. H. Amran Nur menjelaskan dirinya sempat sedih melihat kondisi Sawahlunto yang semakin ditinggalkan penduduknya karena penambangan batu bara tidak dapat diharapkan lagi menjadi mata pencaharian penduduk. “Kami melihat pusaka yang ditinggalkan nenek moyang kami. Ada gedung-gedung tua dan ada cara membuat songket. Nah, dengan itulah kami mulai menapak masa depan,” jelas Amran.

Dalam acara pembukaan ini hadir pula pejabat, mantan pejabat dan tokoh masyarakat Padang lainnya. Diantaranya Wakil Menteri Parekraf Sapta Nirwandar, Walikota Sawahlunto Amran Nur, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wakil menteri pendidikan dan kebudayaan, Bidang Kebudayaan Windu Nuryanti, isteri mantan Wakil Presiden Mufidah Kalla, Mantan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar dan tokoh masyarakat Padang Sofyan Wanandi. Sebelum acara pembukaan para pejabat dan tamu undangan berkumpul untuk menyantap Makan Malam Bajamba.

Pada acara Sawahlunto kreatif ini para pengunjung dapat melihat berbagai hasil ekonomi kreatif dan pariwisata Sawahlunto, demo serta pameran songket Silungkang. Selain itu juga dipamerkan kuliner Los Lambuang, pameran foto, serta pagelaran kesenian rakyat seperti talempong, randal, saluang, rabab serta kim yang dapat dinikmati sejak Selasa (30/10) lalu. Tidak hanya itu, pagelaran seni tari Restorasi Songket Silungkang karya Hartati dan fashion show oleh Ria Miranda bertema ”Minangkabau Heritage” juga turut memeriahkan acara ini.

(Nurakhmayani)