JOKOWI-AHOK RESMI PIMPIN JAKARTA

JOKOWI-AHOK RESMI PIMPIN JAKARTA

Setelah satu minggu tanpa gubernur, DKI Jakarta kini memiliki gubernur baru. Senin (15/10) pagi, Ir. H. Joko Widodo dan Ir. Basuki Thahaja Purnama secara resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri  Gamawan Fauzi di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat setelah dinyatakan menang dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Acara pelantikan di depan anggota dewan dan tamu undangan lainnya dipimpin oleh ketua DPRD Ferrial Sofyan. Pengambilan sumpah jabatan terhadap Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama dilakukan setelah keputusan presiden tentang pangangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI dibacakan.

Pada acara pelantikan tersebut dihadiri  ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Mantan Gubernur Sutiyoso, Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dll. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menjelaskan permasalahan Jakarta sangat kompleks dan butuh perhatian khusus untuk masalah-masalah tertentu. Seperti pemasalahan banjir, kemacetan, tawuran dan arus urbanisasi. “Oleh karena itu kami mengajak aparat pemerintah bersama-sama dengan masyarakat beriktiar memikirkan permasalahan Jakarta yang kian berat,” jelas Gamawan.

Usai dilantik, pasangan Gubernur Joko Widodo (Jokowi) dan wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)menerima ucapan selamat dari para anggota dewan dan jajaran muspida DKI Jakarta. Tak ketinggalan, mantan gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan mantan wakil gubernur DKI Jakarta Prijanto memberikan ucapan selamat kepada gubernur terpilih yang baru dilantik.

Sementara itu, diluar gedung DPRD DKI Jakarta, ribuan pendukung Jokowi-Ahok dengan mengenakan pakaian kotak-kotak memadati Jalan Kebon Sirih. Mereka yang menunggu sejak pagi menanti pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur , Jokowi-Ahok  memberikan sambutan di panggung hiburan.  Dalam sambutan singkat tersebut, sambil membungkuk dan membuka topi, Jokowi mengucapkan terimakasih kepada para pendukungnya.  “Saya akan tetap berjalan dari kampung ke kampung setiap hari. Saya tidak ingin berjanji banyak. Saya hanya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada saat ini,” kata mantan walikota Solo ini. (NURAKHMAYANI)