Seniman Berbagai Negara Meriahkan Festival Asia Tri Jogja 2012

Seniman Berbagai Negara Meriahkan Festival Asia Tri Jogja 2012

Festival Asia Tri Jogja kembali digelar pada 2 hingga 4 Oktober lalu. Festival seni pertunjukan keliling ini merupakan festival yang diprakarsai oleh seniman tiga negara yaitu Yan Hye Jin (Korea Selatan), Soga Masarui (Jepang), dan Bimo Wiwohatmo (Indonesia).

Sebelum diselenggarakannya Festival Asia Tri Jogja 2012, diadakan Asia Tri Japan yang diselenggarakan di Yokohama, Jepang pada tanggal 23-24 September lalu. Pada festival yang berlangsung di Museum Seni dan Budaya Ullen Sentalu, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta ini diikuti oleh seniman-seniman berbagai negara di antaranya Jepang, Korea, Amerika Serikat, Singapura, Belanda, Spanyol, Indonesia. Perwakilan dari Indonesia diikuti seniman-seniman dari Jakarta, Palu, Bangka Belitung, Solo dan Yogyakarta.

Pada festival ini para seniman dari berbagai negara melakukan sharing mengenai budaya masing-masing. Sharing tersebut dimanifestasikan dalam bentuk seni pertunjukkan yang menjadi keistimewaan masing-masing negara. Selain itu melalui Festival Asia Tri Jogja para seniman berupaya menumbuhkan rasa solidaritas di kalangan seniman-seniman Asia serta menjadi media silaturahmi budaya antar bangsa.

Sementara direktur Asia Tri Jogja KRT Thomas Haryonogoro menjelaskan festival ini merupakan ajang efektif untuk pertukaran informasi, khususnya seni dan kebudayaan para seniman di dunia. Informasi ini akan sangat berpengaruh untuk perkembangan seni budaya di masing-masing negara. Acara ini juga akan menjadi respon seniman dunia terhadap globalisasi yang semakin pesat.

Pelaksanaan Festival Asia Tri Jogja ini tentu saja menyedot perhatian para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan demikian diharapkan mampu mendorong perekonomian rakyat sekitar.

Teks&Foto: berbagai sumber

Penulis: Nurakhmayani