PBSB 2012 BERLANGSUNG MERIAH

PBSB 2012 BERLANGSUNG MERIAH

Pekan Budaya Sumatera Barat 2012 (PBSB 2012) yang berlangsung hingga 8 September lalu berlangsung meriah. Sebanyak 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat memeriahkan PBSB ini. Diantaranya menggelar pawai. Selain itu PBSB juga menampilkan pagelaran seni tradisi, festival/lomba, pameran produk unggulan daerah serta permainan anak nagari. Prosesi adat seperti perkawinan manjapuik marapulai, turun mandi anak, dan sebagainya pun dapat disaksikan secara langsung dalam Pekan Budaya Sumatera Barat 2012 ini.

PBSB sendiri dibuka secara resmi pada Minggu 2 September lalu oleh staf ahli bidang multikultural Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Oentoro Rajab, Sekretaris Daerah provinsi Sumatera Barat Ali Asmar serta Bupati Solok Syamsu Rahim di Kotobaru, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

PBSB merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun oleh Pemprov Sumatera Barat sejak tahun 1983. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bergilir pada kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat. Pada PBSB kali ini tema yang diangkat “Aktualisasi Nilai Budaya Berbasis Adat Basandi Syara, Syara’ Basandi Kitabullah”. Sebagai salah satu wahana strategis, diharapkan penyelenggaraan PBSB ini dapat menunjang pergerakan industri pariwisata lokal dan dapat menghasilkan nilai-nilai budaya yang menunjang sepenuhnya ketahanan budaya nasional. NURAKHMAYANI