Bubur Singkawang Membuat Lidah Bergoyang

Bubur Singkawang Membuat Lidah Bergoyang

Jika Anda mengunjungi kota Singkawang rasanya belum lengkap jika belum mencicipi Bubur Singkawang.  Bubur ini berbeda dengan bubur ayam yang biasa kita jumpai. Bubur Singkawang adalah salah satu kuliner khas Singkawang, Kalimantan Barat. Bubur ini merupakan bubur beras biasa, namun proses pembuatannya berbeda. Untuk membuat bubur Singkawang, beras dimasak dengan air yang banyak sambil diaduk-aduk terus. Selama pemasakan ini beras yang dimasak diusahakan agar tidak pecah seperti bubur pada umumnya. Setelah matang terus ditiriskan. Air beras yang sudah dimasak tersebut tidak dibuang tetapi digunakan untuk mematangkan irisan daging yang akan digunakan. Dan air itu nanti akan digunakan untuk menanak lagi bubur itu sekali lagi.

Sementara itu di mangkok yang akan digunakan untuk menyajikan dapat siapkan campuran minyak bawang putih goreng, potongan sayuran hijau dan tung choi. Bubur nasi yang dimatangkan saat kedua kali, dicampurkan udang / daging / ikan atau katak. Setelah matang benar langsung dimasukkan ke dalam mangkok yang telah disiapkan. Kalau mau ditambah dengan telor bisa dilakukan dengan mematangkan telur itu seperti membuat telur mata sapi tetapi dipecahkan di dalam air tajin tadi. Perlu sedikit teknik yang baik agar telurnya tidak hancur.

Setelah semua siap di dalam mangkok dapat ditambahkan sedikit kecap asin, merica bubuk, cuka makan dan kecap manis ( tergantung selera ). Untuk kecap asin, biasanya menggunakan kecap asin yang dibuat secara tradisional dengan rasa lebih enak dan aromanya lebih harum. Bubur ini sering kali disertai juga dengan kerupuk kulit pada saat memakannya. Bubur Singkawang terdiri beberapa macam, tergantung dari apa yang dimasukkan kedalamnya. Jika yang ditambahkan berupa udang maka jadilah bubur udang, jika daging babi jadilah bubur daging babi, begitulah biasanya disebut.

Sedangkan untuk bumbu lainnya, minyak hasil gorengan dari bawang putih, lobak asin yang di potong halus ( tung hoi ), penyedap rasa serta sedikit rajangan sayuran hijau dan daun seledri. Tak lupa taburan kerupuk emping dan bawang goreng diatasnya. Siap mencoba?

(NURAKHMAYANI)