RUMAH SI PITUNG AKAN DIRENOVASI

RUMAH SI PITUNG AKAN DIRENOVASI

Pemerintah kota Jakarta Utara akan segera merenovasi kawasan cagar budaya Rumah Si Pitung yang berada di Kampung Marunda, Cilincing Jakarta Utara. Rencananya renovasi akan dilakukan 2 bulan setelah Idul Fitri. Dengan demikian Rumah Si Pitung diharapkan menjadi lebih indah
dan rapih. Demikian penjelasan yang disampaikan Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono beberapa waktu lalu.

Menurut Bambang pihaknya akan memperhatikan akses pintu masuk agar terkesan hidup. Hal ini karena Rumah Si Pitung merupakan kawasan pesisir. “Pokoknya, Rumah Si Pitung harus sesuai dengan ciri khas adat betawi dan mencerminkan wisata pesisir. Karena keindahan rumah pitung itu sendiri untuk dinikmati pengunjung. Masyarakat sekitar juga boleh berjualan khas pesisir dan betawi di kios-kios yang telah disediakan oleh pengelola,” kata Bambang.

Rumah Si Pitung tersebut merupakan salah satu kawasan destinasi dari 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir. Di rumah Si Pitung juga akan   diselenggarakan tari tradisional Betawi ala pesisir setiap Sabtu/Minggu.

Renovasi ini meliputi penyempurnaan perencanaan pembangunan Rumah Si Pitung yang meliputi pembangunan gerbang dan pagar, penataan panggung dan tribun, pembangunan toilet pengunjung, pencahayaan serta pembangunan taman/landscaping. Dana untuk renovasi ini sudah masuk dalam program ABT tahun anggaran 2012.

Di Rumah Si Pitung juga akan menyelenggarakan tari tradisional betawi ala pesisir setiap hari sabtu/ minggu. Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan ekonomi melalui pengunjung melakukan transaksi-transaksi pembelian khas Jakarta Utara sehingga menambah income masyarakat Jakut khususnya di wilayah Rumah Si Pitung.

(NURAKHMAYANI)