Empat Menu Andalan di Sumbawa

Empat Menu Andalan di Sumbawa

Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, terkenal dengan deretan pantai-pantainya yang berpasir putih. Selain itu, gulungan ombaknya mampu mengundang para peselancar dari berbagai dunia untuk datang.

Namun, bagi para penyuka kuliner, yang paling menggoda justru olahan dapurnya. Apa saja menu andalan di sini? Ada empat sajian pilihan yang khas dan rasanya memang jempolan.

1. Ayam Taliwang

Taliwang, kota kecamatan yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Sumbawa Barat, sudah kesohor lewat sajian khasnya, ayam Taliwang. Ini adalah olahan ayam kampung dengan bumbu pedas.

Cukup mudah menemukan warung atau rumah makan dengan sajian andalan ini di Sumbawa Barat. Salah satunya Rumah Makan Totang Rasa di Jalan Jenderal Sudirman 51, Taliwang. Pilihan lain adalah Warung Taliwang Mbak Nur, yang berlokasi juga tak jauh dari Totang Rasa.

Di kedua tempat ini tersedia ayam yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Untuk yang dibakar, ayam akan dikeprek, lantas diberi bumbu, kemudian dibakar lagi. Bumbu yang bikin sedap itu terdiri atas cabai, terasi, bawang merah, asam jawa, dan sedikit gula.

Jika Anda pesan satu porsi, suguhan berupa satu ekor ayam kampung dan dipatok dengan harga Rp 35 ribu. Anda dapat menambah kenikmatannya dengan pelecing kangkung, yakni paduan kangkung, tauge, dan kacang tanah goreng yang diguyur dengan sambal pedas.

2. Sop tulang

Sop tulang khas Sumbawa Barat ini tersedia di Rumah Makan Sayang Anak, Jalan Raya Taliwang Balat, Taliwang. “Aslinya dari kerbau, tapi sekarang kebanyakan sapi,” ujar Lindayani, 44 tahun, pemilik rumah makan.

Cara pengolahannya, tulang direbus dulu dengan dibubuhi bumbu, seperti jahe, merica, bawang merah, dan penyedap rasa. Ketika sudah empuk dan akan dibuat sop, diberi lagi bumbu yang ditumis lebih dulu.

Per porsi satu mangkuk sop ini dipatok Rp 25 ribu. Anda akan diberikan sedotan untuk memudahkan menyeruput sumsum dalam tulang.

3. Sepat

Sepat—ikan berkuah—sekilas tidak terlalu menarik. Setelah dicoba, ternyata rasanya sedap dan segar. Jenis ikan untuk menu ini bisa kerapu, kakap merah atau putih, atau ikan lain.

Sebelum disajikan, ikan lebih dulu dibakar, baru disiapkan bumbu yang terdiri atas cabai, bawang merah yang dibakar, belimbing wuluh, jeruk munte, tomat, serta daun aru dan ruku (kemangi). Ditambahkan juga dengan terung ungu yang dibakar lebih dulu.

Hasilnya, ikan yang lembut dengan kuah yang bening, tapi segar. Aroma wangi dari dedaunan yang ditambahkan pun menambah rasa sedap. Per porsi harganya sekitar 15 ribu.

4. Singang

Satu lagi sajian dari ikan, tapi berkuah kuning. Menu ini disebut singang. Ikan yang diolah bisa dipilih: andeng, kakap, atau yang lain. Bumbunya terdiri atas cabai merah, bawang putih, bawang merah, merica, kemiri, kunyit, asam jawa, dan daun ruku.

Ikan berkuah kuning ini berasa lebih gurih ketimbang sepat. Terasa juga sedikit rasa asam dan pedas.

travel.tempo.co