Agenda Wisata 2018 Surabaya, Beragam Kegiatan Wisata Disiapkan

Agenda Wisata 2018 Surabaya, Beragam Kegiatan Wisata Disiapkan

SURABAYA – Beragam kegiatan wisata disiapkan Pemkot Surabaya di sepanjang 2018. Dari Festival Kalimas, Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan, hingga Festival Kembang Jepun.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Surabaya, Widodo Suryantoro, sudah mencatat 51 event dan 45 kegiatan yang dipersiapkan untuk mendongkrak kunjunga wisatawan di Surabaya berupa event kebudayaan, kreativitas, promosi wisata, seni, UKM dan olahraga.

Meski konsepnya hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, namun dia memastikan, semua agenda wisata akan dikemas lebih menarik. “Yang pasti, setiap tahun akan dikemas beda dan pastinya lebih menarik,” katanya, Senin (15/1/2018).

Dicontohkan Widodo seperti Festival Kalimas, akan ditampilkan pergelaran teater di atas kapal yang mengapung di atas Sungai Kalimas. “Temanya tentang sejarah Sungai Kalimas yang membelah Kota Surabaya,” jelasnya.

Selain itu, pada agenda “Mlaku – Mlaku Nang Tunjungan” akan digelar selama 6 kali selama 2018. Di sepanjang Jalan Tunjungan itu, akan digelar festival kuliner dan festival produk UKM khas Surabaya.

Sementara di Jalan Kembang Jepun, konsepnya hampir sama, yakni menghidupkan kembali Jalan Kembang Jepun yang dulu merupakan pasar warga keturunan Tionghoa yang ada di Surabaya. “Di Jalan Kembang Jepun akan ada kuliner dan juga produk UKM,” kata Widodo.

Melalui berbagai agenda wisata itu, diharapkan kunjungan wisatawan pada 2018 di Surabaya akan terus meningkat. “Kami punya target kunjungan wisatawan sepanjang 2018 mencapai 27.270.270 wisatawan. Pada 2017 target wisatawan kita 19 juta, namun sampai akhir Desember 2017 pengunjung sudah mencapai sekitar 24 juta,” pungkasnya.

travel.kompas.com