Belitung Timur dan Pasuruan Resmi Jadi Anggota JKPI

Belitung Timur dan Pasuruan Resmi Jadi Anggota JKPI

JKPI akhirnya memiliki dua anggota baru. Adalah Kabupaten Belitung Timur dan Kota Pasuruan. Keanggotaan dua daerah ini diperkenalkan langsung Ketua Presidium Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang juga Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH saat acara Pra Kongres JKPI yang di helat di Gedung Salsa, Kelurahan Sulaa, Kota Baubau, Senin (20/11/17).

Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH mengakui, semenjak dideklarasikan pada 26 Oktober 2008 oleh 12 wali kota, JKPI telah menunjukan pertumbuhan yang sehat, baik secara kuantitatif, maupun kualitatif.

“Sehingga kini bangga bahwa JKPI terdiri dari 64 Kota dan Kabupaten. Bahwa pada acara kongres ini kita akan menetapkan Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Pasuruan bergabung menjadi anggota JKPI terbaru,” kata Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH.

Dikesempatan itu, Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH mengajak seluruh anggota JKPI untuk mengingat kembali tujuan dibentuknya JKPI.

“Tujuan dari berdirinya JKPI yakni mengembangkan kerjasama diantara kota-kota yang mempunyai pusaka alam maupun budaya. Mengembangkan kerjasama untuk melestarikan pusaka bersama para pemangku kepentingan, mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka dan mengembangkannya yang positif dalam kehidupan bermasyarakat, menginfentaris kekayaan warisan pusaka dari anggota JKPI, mengembangkan pemahaman keragaman alam dan budaya untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai wadah promosi pusaka yang ada bagi anggota JKPI, ” terang Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH.

JKPI, kata Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH merupakan organisasi yang tidak berafiliasi dengan salah satu paham aliran politik tertentu.

“Adapun JKPI merupakan organisasi yang bersifat nirlaba, mandiri, dan tidak dimaksudkan untuk memajukan kepentingan pribadi atau terkait satu golongan atau aliran politik tertentu,” ujar Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH.

butonpos.fajar.co.id