Bangka Barat Menggelar Seni Lintas Budaya “Besanje”

Bangka Barat Menggelar Seni Lintas Budaya “Besanje”

Muntok – Pemkab Bangka Barat menggelar Pagelaran Seni Lintas Budaya bertajuk “Besanje” di lapangan Taman Lokomobil Mentok Sabtu (25/11/2017).

Pagelaran yang berlangsung 25-26 Nopember 2017 diikuti beberapa sanggar seni diantaranya sanggar Astari Pangkalpinang,  Seni Kusuma Bekasi, Serumpun Sebalai dari Anjungan TMII Jakarta, Ganzer Lana (Flores (NTT), Uyau Moris (Kalimantan Utara), Srijaya Nasa Denschool Palembang,  Putri Saayu Muba, Reog Mekar budaya.

“Budaya merupakan kebanggaan juga tantangan.  Tantangannya adalah terutama dalam hal mempertahankan budaya lokal di tengah maraknya budaya asing. Melalui pagelaran ini,  saya harap para generasi muda tetap semangat mempertahankan dan melestarikan budaya lokal,  khususnya di Bangka Barat,” kata Sekda Bangka Barat Yunan Helmi, Sabtu (25/11/2017).

Sementara Ketua panitia, Bambang Suseno mengatakan dengan mengusung tema “Besanje”, pagelaran memiliki tiga buah panggung dengan tujuan dapat memaksimalkan penampilan seni dan budaya yang ada dimana seluruh masyarakat dapat besanje ke semua panggung secara bergantian.

“Pagelaran juga diharapkan menjadi media silaturahmi dan diskusi antar penggiat seni untuk mengembangkan seni budaya tradisional di Bangka Barat,” kata Bambang.

rri.co.id/Image bangka.tribunnews.com