Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-XI: Kumpulnya Para Raja Indonesia

Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-XI: Kumpulnya Para Raja Indonesia

Cirebon – Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-XI akan berlangsung di Cirebon. Festival ini jadi tempat berkumpulnya para raja nusantara.

Perhelatan akbar Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-XI di Kota Cirebon yang dihelat pada hari ini (15/9/2017) hingga Selasa (19/9/2017) bakal dibuka dengan kesenian tradisional dari Cirebon.

Pembukaan perhelatan pertemuan para raja se-Nusantara itu bakal dibuka dengan acara Welcome Dinner dengan diiringi seni tradisional yang dilaksanakan di Taman Air Goa Sunyaragi.

Hal itu diungkapkan Sultan Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat kepada detikcom usai menggelar acara syukuran menyambut FKN ke-XI di Keraton Kasepuhan, Kamis (14/9/2017).

Keraton Kasepuhan bakal menampilkan dua pertunjukan seni tradisional, yakni Seni Tarling dan Sendra Tari Bebere Umbul-umbul Waring. Seni Tarling merupakan seni tradisional asal wilayah pantura, khususnya Cirebon yang identik dengan dua instrumen musik, yaitu gitar dan suling.

Sementara, sambung Sultan, Sendra Tari Bebere Umbu-umbul Waring merupakan pagelaran seni yang menunjukan cerita berdirinya kesultanan di Cirebon.

“Kalau dari kami (Keraton Kasepuhan) akan menampilkan seni tradisional. Dua kesenian tradisional, Tarling dan Sendra Tari Bebere Umbul-umbul Waring bakal menyambut para tamu pada acara di Goa Sunyaragi nanti,” ucapnya.

Sultan Sepuh memastikan, sejumlah pejabat kementrian akan hadir pada acara pembukaan, seperti Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), dan Kementrian Pariwisata (Kemenpar). Selain kementrian, rektor dan guru besar dari sejumlah universitas pun akan hadir.

Lagi, Sultan Sepuh mengatakan, saat ini beberapa raja dari keslutanan, kedaton, dan puri yang akan hadir pada FKN sudah tiba di Kota Cirebon.

“Ada yang masih diperjalanan. Besok (raja) sudah sampai semua di Cirebon, paginya akan disambut oleh para Listening Officer (LO). Nah, nanti malamnya Welcome Dinner, jadi para raja check in di hotel dulu,” ungkapnya.

Dikatakan Sultan Sepuh, sebanyak 120 kamar hotel telah disiapkan untuk melayani 150 raja yang bakal hadir di FKN. Diakui Sultan, saat ini persiapan pelaksanaan sudah sesuai progres, termasuk acara penyambutan. Rencananya, pembukaan FKN akan dipimpin Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan.

“Kalau ada kekurangan ya maklum, namanya juga even besar. Tapi secara kesulurahan sudah siap. Dan, Alhamdulilah antusias para raja sangat baik,” katanya.

travel.detik.com