Rakernas JKPI VI di Gianyar Berjalan Sukses

Rakernas JKPI VI di Gianyar Berjalan Sukses

Penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke VI di Gianyar, berjalan lancar. Acara yang digelar di Balai Budaya Gianyar dihadiri oleh 33 kepala daerah anggota JKPI. Hadir dalam Rakernas tersebut Dewan Pembina BPPI, Hasim Djojohadikusumo.

Dalam kesempatan itu, Hasim menceritakan pentingnya pelestarian pusaka untuk kesejahteraan rakyat. Saat ini banyak negara-neraga yang mengabaikan upaya pelestarian pusaka, bahkan justru cenderung meruntuhkannya.

Hasim mencontohkan negara China yang banyak meruntuhkan pusakanya dan diganti dengan bangunan-bangunan modern untuk dijadikan pusat perbelanjaan. “Jangan sampai kita meperlakukan hal yang salah terhadap pusaka yang kita miliki, kelak pusaka ini lah yang akan dilihat oleh anak cucu kita nantinya,” kata Hasim

Sementara itu, Ketua Presidium JKPI, Anak Agung Gde Agung Bharata, SH yang juga Bupati Gianyar memberi peluang kepada seluruh anggota JKPI untuk berpromosi di Gianyar, dikarenakan banyaknya wisatawan asing di daerah ini. “Kami siap membuka estalase untuk anggota JKPI di Gianyar. Sudah saatnya kita memperkenalkan keragaman pusaka ini secara bersama-sama,” katanya.

Tawaran dari Bupati Gianyar ini mendapat respon positif bagi seluruh anggota JKPI. Peluang yang diberikan langsung menjadi bahan diskusi yang hangat dalam Rakernas. Bupati Siak langsung memberikan kesiapannya untuk melakukan promosi di Gianyar sebagaimana yang ditawarkan bupati Gianyar.

Pawai Budaya

Disamping acara Rakernas, tuan rumah Kabupaten Gianyar juga menyelenggarakan Pawai Budaya yang digelar di jalan protokol. Antusias masyarakat Gianyar sangat tinggi, terlihat ribuan warga memadati jalan dimana pawai berlangsung. Pawai merupakan bukti kecintaan rakyat Gianyar kepada kepala daerahnya.

Acara yang berlangsung pada pukul 15.00 Wita tersebut berakhir pada pukul 19.00 Wita. Sepanjang pawai, tidak satupun warga meninggalkan arena sampai pawai berakhir. Ini menandakan bahwa pawai sangat menarik dan disukai oleh warga.

Pawai yang diikuti oleh 7 kecamatan yang ada di Gianyar ini juga diisi oleh Kota Malang dan Kota Bogor sebagai partisipan. Di pawai ini, seluruh kebudayaan yang sedang berkembang di Kabupaten Gianyar disajikan dalam bentuk tarian kolosal.

Disamping pawai budaya, acara Rakernas juga diisi dengan pagelaran seni yang dilakukan oleh beberapa anggota JKPI serta pelaksanaan pameran. Penyelenggaraan Rakernas VI terlihat jauh lebih baik dari penyelenggaraan Rakernas sebelumnya. Diakhir Rakernas, Ketua Presidium JKPI, Bupati Gianyar menyerahkan tongkat estafet ke Ketua Presidium JKPI baru, yaitu Walikota Baubau, Drs. A.S Tamrin, MH. Pada kesempatan itu, Ketua Presidium JKPI yang baru mengtatakan bahwa menjelang dilaksanakan Kongres IV JKPI di Kota Surakarta, akan diselenggarakan pra Kongres di Kota Baubau terlebih dahulu pada bulan November 2017 mendatang. (Adrial)