Rakernas JKPI ke-VI Menetapkan Enam Daerah Sebagai Anggota Baru

Rakernas JKPI ke-VI Menetapkan Enam Daerah Sebagai Anggota Baru

Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia(JKPI) ke-6 tahun 2017 yang di pusatkan di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali menetapkan enam daerah sebagai anggota baru JKPI. Rakernas dipimpin lansung AS Thamrin sebagai Ketua Presidium di dampingi direktur eksekutif JKPI Asfarinal.

Enam daerah anggota baru JKPI tersebut meliputi Kabupaten Sambas (Kalbar), Kabupaten Sumbawa (NTB), Kota Probolinggo (Jawa Timur), Kabupaten Kutai Kartanegara (Kaltim), dan dua daerah dari Sulawesi Tenggara, yakni Kabupaten Muna dan Kabupaten Buton Utara. Dengan bergabungnya enam daerah tersebut, keanggotaan JKPI bertambah menjadi 64 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Ketua Presidum JKPI AS Thamrin mengatakan, kendati keanggotaan JKPI telah berjumlah 64 Kota/Kabupaten di Indonesia, namun harus tetap dilakukan evaluasi, apalagi kemungkinan anggota akan bertambah mengingat masuknya sejumlah permohonan sebagai anggota baru serta kehadiran beberapa kabupaten kota sebagai peserta peninjau Rakernas tersebut.

“Kalau sekedar bergabung sebagai anggota saja tetapi tidak aktif, maka tentu harus ada evaluasi. Kita ingin seriussoal program, dan partisipasi aktif dalam membesarkan JKPI sendiri,” tegas As Thamrin yang juga Walikota Baubau melalui release Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi

Dalam Rakernas, berkembang pula diskusi mengenai rencana Kongres JKPI tahun depan sekaligus memperingati Satu Dasa Warsa JKPI yang dipusatkan di Surakarta-Jawa Tengah dan rencana menghadirkan langsung Presiden Joko Widodo. Namun sebelum helatan akbar tersebut dimulai, JKPI memutuskan dalam waktu dekat akan melaksanakan Pra Kongres yang dipusatkan di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara(Sultra).