Saksikan "Suka-Suka" Edisi Kota Pusaka Ternate Tayang Sabtu, 1 November 2014 di KOMPAS TV Jam 09.00-09.30 WIB

Solo Akan Bangun Museum Keris

Solo Akan Bangun Museum Keris

Bagi Anda kolektor keris, mungkin akan senang dengan kabar ini. Kota Surakarta akan segera mendirikan museum keris. Saat ini konsep pendirian Museum Keris di Kota Surakarta mulai digodok oleh kalangan praktisi, peneliti dan pecinta keris. Rencananya Museum Keris akan didirikan di bekas kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di Jl Bhayangkara, Surakarta.

Ketua Forum Bawa Rasa Tosan Aji Soedjatmoko Solo, IA Joko Suyanto, mengemukakan langkah awal dalam merumuskan konsep pendirian dan pengelolaan museum keris di Surakarta adalah dengan mengadakan seminar Menggagas Museum Keris Surakarta yang digelar di Bale Tawangarum Balaikota Solo, Sabtu (1/9/2012) lalu. “Kami bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jateng, Pemkot, UNS [Universitas Sebelas Maret Solo], ISI [Institut Seni Indonesia] dan para pakar keris,” terang Joko.

Joko mengatakan akan menggalang masukan dari kalangan praktisi, peneliti dan pecinta keris dari berbagai penjuru daerah terkait konsep pendirian dan pengelolaan museum keris di Solo. “Jadi tidak hanya kalangan pecinta keris beserta komunitas keris dari Solo dan sekitarnya, tapi juga dari luar daerah yang memiliki perhatian tinggi terhadap pelestarian budaya, khususnya budaya keris. Termasuk para kolektor keris juga direncanakan hadir dalam seminar itu,” tegasnya.

Namun, Joko masih belum dapat memastikan kapan pembangunan Museum Keris dimulai. Dan dana yang dibutuhkan dalam pembangunan tersebut. “Tapi yang jelas saat ini kami memulai dengan merumuskan konsepnya dulu. Termasuk apakah nantinya keris-keris koleksi para kolektor akan disimpan pula di museum itu dan sebagainya,” kata Joko.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Kepercayaan Ketuhanan Yang Maha Esa dan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Drs Gendro Nurhadi MPd mengapresiasi langkah Pemkot Surakarta yang proaktif menggagas berdirinya Museum Keris Surakarta.Menurut Gendro, berdirinya museum keris nantinya tidak hanya bentuk pengakuan Unesco tetapi juga sebagai pusat dokumentasi dan penelitian ilmiah. Selain itu, museum keris juga berfungsi merubah pandangan masyarakat yang keliru terhadap keris. Tak hanya itu, tambah Gendro, adanya museum keris juga akan mengangkat citra keris itu sendiri.

Pemilihan kota Solo sebagai tempat Museum Keris karena kota Solo telah dipilih menjadi pusat pengkajian dan pengembangan keris. Adanya pengrajin dan berbagai manuskrip tentang keris membuat Solo dinilai pantas menjadi pusat pendidikan senjata tradisional Jawa tersebut. Selain menjadikan pusat kajian keris, forum tersebut juga menggagas Kota Solo memiliki museum keris dan tempat penyelenggaraan konferensi keris internasional.

 

Teks&Foto: Berbagai Sumber

Penulis: Nurakhmayani

Related posts: